Rabu, 11 Februari 2015

Ragam Jenis Kimchi





Hasil gambar untuk kimchiBukan rahasia jika masyarakat Korea begitu gemar menyantap kimchi. Tak hanya sawi putih, jenis sayuran lain pun ikut dibuat menjadi kimchi sehingga muncul varian kimchi lainnya.Berbagai varian muncul akibat adanya perbedaan bahan yang ditemukan di daerah-daerah di Korea. Musim juga menentukan varian kimchi yang lebih umum dinikmati di daerah tertentu dibandingkan darah lain, seperti bagian utara dan selatan Korea yang masyarakatnya biasa membuat kimchi dengan jumlah garam serta cabai yang lebih sedikit. Hal tersebut karena perbedaan suhu yang cukup besar dengan daerah lain.Namun, dari banyaknya varian kimchi yang ada, yang paling populer ialah yang terbuat dari sawi putih yang dinamakan baechu kimchi. Mungkin Anda juga akrab dengan kimchi ini, karena selalu tersedia di setiap restoran Korea. Untuk mengetahui lebih banyak jenis kimchi lezat lainnya, simak daftarnya berikut ini.

Ggakdugi kimchiHasil gambar untuk Ggakdugi kimchi
Walaupun jarang ditemukan di restoran Korea di Jakarta, kimchi yang satu ini terbilang umum dikonsumsi masyarakat Korea Selatan. Bahan utamanya yakni moo atau lobak putih yang dipotong berbentuk dadu. Potongan lobak putih lalu diberi bumbu seperti kimchi dari sawi putih biasa yaitu saus cabai, garam, bawang putih, jahe, dan minyak ikan. Rasa lobak putih membuat kimchi ini memiliki sentuhan cita rasa manis.


Yeolmu Mul kimchiHasil gambar untuk Yeolmu Mul kimchi
Jenis kimchi ini biasa dinikmati masyarakat Korea di saat musim panas. Terbuat dari lobak musim panas yang masih muda, yeolmumul kimchi biasa disantap sebagai pendamping somyeon atau sejenis hidangan mi Korea.


Nabak kimchiHasil gambar untuk Nabak kimchi
Walaupun terdiri atas banyak air, hidangan yang satu ini bukan lah sup, melainkan kimchi. Bahan utamanya lobak putih yang dipotong-potong kecil lalu ditambahkan sayur-sayuran lain seperti daun kol, daun bawang, dan tentu saja saus cabai. Cita rasanya sendiri lebih ringan dan rasa asamnya tidak begitu kuat.


Chonggak kimchiHasil gambar untuk Chonggak kimchi
Terdiri atas lobak putih yang masih muda, kimchi ini paling digemari para penikmat makanan pedas, karena rasanya yang memang amat pedas dan membakar lidah. Karena, lobak yang digunakan utuh dan tidak dipotong-potong, vitamin serta nutrisi di dalamnya masih terjaga menjadikan kimchi ini sangat menyehatkan untuk disantap.


Hasil gambar untuk Oisobagi kimchi

Oisobagi kimchi
Hampir sama dengan acar di Indonesia, kimchi ini berbahan dasar ketimun yang cukup dibelah dua berbentuk memanjang, lalu dibaluri saus cabai dan dicampur dengan sayur-sayuran lain. Kimchi jenis ini biasanya disantap sebagai hidangan pendamping sup lobak.


Bossam kimchiHasil gambar untuk Bossam kimchiHasil gambar untuk Bossam kimchi
Kimchi yang satu ini terbilang menarik, karena paling berbeda dengan jenis kimchi lainnya. Bossam kimchi terdiri atas campuran buah-buahan, kacang-kacangan, dan berbagai jenis seafood yang dibungkus dengan sawi hijau utuh.

3 komentar:

  1. Pernahnya makan yang sawi putih dan lobak... yummy...

    BalasHapus
  2. belum pernah makan kimchi mak. enak ga siy? #kamseupaydecheike :D

    BalasHapus
  3. di NYC kimchi yang disajikan di restoran Koreanya banyaaak banget ragamnya...sebagian seperti yang disebutkan di artikel ini...enak, seger, asem pedes gitu :)

    BalasHapus