Selasa, 26 Mei 2015

Ragam Jenis Parutan

1. Parut Kotak

parut kotak multi fungsi karena memiliki empat mata parut dengan hasil parutan berbeda.
mata parut pertama berukuran besar, menghasilkan parutan serut panjang dan lebar. Mata parut kedua berukuran lebih, biasanya digunakan menyerut sayuran untuk salad. seperti wortel, mentimun, keju cheddar dan bengkuang.
mata parut ketiga umumnya runcing dan sangat tajam. cocok untuk memarut bahan makanan yang keras. seperti kacang kacangan, kelapa dan keju parmesan.
mata parut terakhir berukuran kecil, pas untuk memarut bumbu bertekstur tidak keras seperti bawang putih, kemiri, bawang merah.
parut kotak cocok untuk memarut bahan dalam jumlah sedikit. bentuk kotaknya menganggu ketika anda memarut bahan makanan dalam jumlah banyak, karena anda tidak leluasa ketika memarut. pilih parut kotak berbahan anti karat yang dilengkapi pegangan dibagian atas dan ada bantalan karet dibagian bawah. dengan begitu anda lebih nyaman saat memarut.

2. Parut Genggam (Handled)

Parut genggam hanya terdiri dari 1 mata parut berukuran kecil hingga sedang, dilengkapi pegangan tangan yang nyaman. jenis mata parutnya sangat beragam. pilih sesuai kebutuhan anda. pastikan parut terbuat dari stainless steal, sehingga tidak cepat berkarat dan mudah dibersihkan.
parut jenis ini sangat cocok untuk memarut bahan langsung di atas wadah yang akan digunakan. jadi bahan makanan langsung meluncur ke dalam wadah.
masukan dahulu parut dalam freezer sebelum digunakan untuk memarut cokelat. agar coklat tidak cepat leleh dan lengket ditangan.
untuk mendapat hasil parutan yang banyak dalam waktu singkat, letakan parut posisi 30 derajat kemiringan.

3. Parut Berputar (Rotary)
Hasil gambar untuk parutan rotaryHasil gambar untuk parutan rotary
Parut berputar dilengkapi wadah seperti tabung atau kotak untuk meletakan bahan. mata parut yang berbentuk silinder terhubung dengan tuas yang tinggal digerakan untuk memarut bahan.
cara kerja parut putar seperti pisau pemotong otomatis. masukan bahan yang akan di parut kedalam kotak, putar mata parut, bahan akan keluar dan tertampung dalam wadah bagian bawah parut.
parut putar sempurna menghasilkan parutan keju parmesan lembut untuk taburan pasta dan cokelat taburan cappucino.
proses memarut dengan parut putar lebih cepat. jari tangan juga lebih aman dari jangkauan mata parut yang bisa melukai.

4. Parut Zesters
Hasil gambar untuk parutan zesters
Ada yang berbentuk kecil panjang, memiliki genggaman tangan yang nyaman, terdiri dari satu mata parut berukuran kecil. hasil parutan berbentuk kecil dan tipis. pas untuk memarut batang kayu manis, pala dan kulit jeruk.
parut zesters model lain memiliki bentuk ramping dengan lubang kecil memanjang. pas untuk menyerut kulit lemon dan kulit jeruk nipis yang digunakan untuk hiasan minuman.


Tips Merawat Parutan
Parut biasanya terbuat dari stainless steal, sehingga tidak berkarat. meski begitu tak jarang muncul bercak cokelat pada parut, apalagi jika parut sering di gunakan dan tidak dibersihkan.
sebaiknya cuci parut segera setelah selesai digunakan. cuci dalam air mengalir agar sisa bahan yang tertinggal luruh bersama air. 
setelah bersih, letakan parut dalam posisi berdiri agar sisa air menetes, lap parut dengan kain bersih, simpan dalam rak.


dikutip dari tabloid nyata
gambar dari google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar