Senin, 20 April 2020

10 Cara Membuat Tempe Lebih Awet


sumber foto: https://www.pngdownload.id/png-zjvj33/


Pernah membeli tempe dalam jumlah banyak dan ternyata tidak semuanya habis diolah? Ada beberapa cara menyimpan yang bisa dilakukan, agar tempe lebih awet dan terjaga kulitasnya. Berikut ini cara yang bisa anda lakukan.

1.    Kukus
Proses pengukusan mebuat tempe lebih tahan lama. Kukus tempe selama 15 menit, angkat dinginkan, simpan dalam wadah kedap udara. Setelah itu masukan dalam kulkas. Mengukus tempe juga dapat membuang rasa pahit yang kadang muncul pada tempe.

2.    Rebus
Rebus tempe dalam air yang sedang mendidih sebelum tempe mengambang di permukaan air. Setelah itu, diamkan tempe didalam air tersebut selama 24 jam. Jika sudah 24 jam, ganti air rendaman tempe dengn air matang. Tempe ini bisa bertahan hingga 5 hari.

3.    Di ungkep
Tempe juga bisa disimpan dengan cara di ungkep atau direbus dulu bersama bumbu seperti bawang putih, ketumbar, kunyit dan garam. Tempe ungkep selanjutnya dimasukan kulkas. Proses ungkep membuat tempe bertahan hingga lima hari kedepan.

4.    Rendam air garam
Cuci tempe hingga bersih, potong potong, lalu masukan dalam air yang sudah diberi garam. Garam membasmi bakteri yang terdapat pada tempe sekaligus memberi cita rasa.
Air rendaman tempe tidak perlu di tiriskan. Langsung masukan saja wadah berisi tempe san air rendaman ke dalam kulkas. Cara ini membuat tempe tahan hingga tiga hari.

5.    Biarkan utuh
Biarkan tempe dalam keadaan utuh, jangan di potong – potong. Jika anda membeli tempe berbungkus daun pisang, biarkan daunya tetap melekat pada tempe. Masukan tempe di dalam wadah kedap udara yang tertutup rapat. Masukkan dalam kulkas. Kualitas tempe akan terjaga hingga tiga hari kedepan.

6.    Rendam tempe dalam air kelapa
Rendam tempe dalam air kelapa segar. Tutup wadah yang digunakan hingga rapat. Masukan dalam kulkas. Tempe dapat bertahan hingga tiga hari. Air kelapa tidak hanya mengawetkan tapi juga memberikan cita rasa tersendiri pada tempe.

7.    Simpan dalam freezer
Bila ingin tempe awet hingga satu minggu. Biarkan tempe yang anda beli tetap utuh bersama bungkus atau kemasannya. Setelah itu simpan di dalam freeezer, maksumal tempe bertahan hingga tujuh hari dalam freezer.

8.    Buat pengawet alami
Rendam tempe dalam campuran air lemon dan garam dapur. Kemas tempe dan larutannya dalam wadah yang tertutup rapat. Sesudah itu masukkan wadah kedalam lemari es. Cara ini membuat tempe bisa bertahan hingga 10 hari.

9.    Bumbui dahulu
Bumbui dulu tempe tapi tidak direbus atau dimasak terlebih dulu. Tempe cukup dipotong sesuai selera, kemudian bumbui. Simpan dalam wadah tertutup dan masukkan ke dalam lemari es.

10. Letakkan didekat garam
Tempe sebenarnya juga bisa di simpan  dalam suhu ruang. Tapi ada syaratnya sama seperti menyimpan di kulkas, tempe harus disimpan dalam wadah tertutup. Selain itu, tambahkan garam sekitar tempe untuk mencegah pembusukan. Garam punya sifat menghambat kerja ragi pada tempe.

Dikutip dari Tabloid Nyata edisi II Oktober 2019


Tidak ada komentar:

Posting Komentar