Senin, 20 April 2020

Tips: Jangan Buang Sisa Minuman Bersoda


sumber foto: https://www.pngdownload.id/png-o8428s/


Meski sudah hilang sensasi krenyesnya, tapi masih bisa dimanfaatkan loh..

1.    Wafel lembut
Tambahkan minuman bersoda dalam wafel atau pancake. Kandungan sodanya membuat tekstur wafel dan pancake lebih lembut, berpori dan mengembang.

2.    Cangkang kerang mudah di buka
Susah membuka cangkang kerang atau tiram?  Tak perlu bingung, cuci tiram atau kerang hingga bersih, rendam dalam minuman bersoda tawar atau manis sekalipun. Tunggu beberapa saat, cangkang akan terbuka  dan isi lepas dengan sendirinya.

3.    Campuran Orak – Arik
Tak selalu susu yang digunakan sebagai tambahan membuat orak arik telur. Coba tuangkan minuman bersoda tawar. Orak – arik telur akan lebih padat, kesat dan lebih lembut.

4.    Churros empuk
Minuman bersoda yang ditambahkan dalam adonan sus goreng atau churros membuat hasil akhirnya renyah diluar, empuk didalam dan kokoh lebih lama.

5.    Bumbu perendam
Gunakan sebagai cairan perendam aneka bahan yang akan dipanggang atau barbeque. Terutama daging, ayam dan kalkun. Selain menambahkan rasa, aroma yang muncul saat bahan dibakar lebih menggugah selera.

6.    Tempura renyah
Ganti cairan untuk membuat adonan tempura dengan minuman bersoda. Hasilnya, tepung tempura lebih mengembang dan renyah lebih lama.

7.    Mengerus kerak
Gunakan minuman bersoda untuk mengerus kerak sisa makanan yang menempel di dasar panci. Ketika piranti masih hangat karena proses memasak, tuangi sedikit minuman bersoda. Biarkan sebentar, gosok panci seperti biasa. Kerak membandel akan cepat menghilang.

8.    Mengilapkan gelatin
Gelatin yang dioleskan pada permukaan pai buah, cake, roti atau kue akan lebih mengilap dan tahan lama jika dilelehkan dengan air soda.

9.    Hilangkan noda teh
Bersihkan noda teh membandel pada mug, cngkir dan teko menggunakan minuman bersoda. Tuangkan minuman bersoda dalam mug, cair dan teko, diamkan semalaman. Esoknya cuci seperti biasa. Lihat noda lenyap.

Dikutip dari Tabloid Nyata edisi IV Maret 2020


Tidak ada komentar:

Posting Komentar