Senin, 20 April 2020

Tepat Pilah Pilih Minyak


sumber foto: https://www.pngdownload.id/png-t1zt2e/

Tidak semua jenis minyak dapat digunakan untuk memasak dan menggoreng. Yuk kenali jenis minyak agar tidak salah pilih.

1.    Kelapa sawit
Terbuat dari kelapa sawit. minyak ini tinggi kandungan beta karoten dan asam lemak jenuh sehingga stabil terhadap suhu pemanasan. Ada dua jenis minyak sawit yang biasa digunakan.
Pertama, yang berwarna kuning keemasan. Biasanya untuk digunakan untuk menggoreng. Kedua, minyak sawit dengan warna kemerahan. Digunakan untuk salad dan dressing.

2.    Kelapa
Bahan baku minyak kelapa adalah kopra (daging kelapa yang dikeringkan). Minyak kelapa tinggi kandungan asam lemak jenuh sehingga tahan terhadap proses pemanasan. Tak heran jika kebanyakan digunakan untuk menggoreng. Terutama yang butuh waktu menggoreng lama. Minyak kelapa juga direkomendasikan untuk memanggang, karena teksturnya lebih creamy dengan banyak kandungan lemak.

3.    Canola
Dibuat dari ekstrak biji canola. Rasanya netral, aman dikonsumsi dan baik untuk kesehatan karena mengandung omega 3 dan asam lemak tak jenuh.
Bagus untuk olesan bahan makanan sebelum dibakar. Cocok untuk menggoreng bahan makanan yang cepat matang. Bisa juga untuk menumis. Selalu gunakan api kecil ketika menumis atau menggoreng.

4.    Wijen
Minyak ini berasal dari pemerasan biji wijen. Aroma minyak wijen sangat khas dan kuat. Jarang digunakan untuk menggoreng. Biasanya ditambahkan pada saus, salad atau tumisan sebagai penguat rasa serta aroma.

5.    Samin
Minyak ini merupakan lemak hewani sehingga bentuknya padat. Banyak digunakan dalam olahan martabak, nasi kebuli, nasi biryani atau sop kambing. Dengan minyak samin, rasa masakan akan semkaing gurih dan mengeluarkan aroma yang khas.

6.    Zaitun
Nama populer minya zaitun adalah olive oil. Terbuat dari buah zaitun dan di prosen secara khusu. Minyak ini di anggap menyehatkan karena mengandung asam lemak tak jenuh yang tinggi. Minyak zaitun ada dua jenis, extra virgin dan murni.
Ekstra virgin lebih cocok untuk menumis, dressing salad serta saus cocolan. Minyak zaitun murni bagus untuk menggoreng, tetapi yang prosesnya cepat, seperti menggoreng telur. Minyak zaitun kurang cocok untuk masakan dengan proses lama seperti rendang atau ayam goreng.

7.    Biji Bunga Matahari
Dibuat dari biji bunga matahari. Mengandung asam lemak tak jenuh dan asam linoleat. Dua kandungan ini dipercaya bisa menurunkan kolesterol. Sebaiknya digunakan untuk memanggang atau menggoreng makanan yang cepat matang.

8.    Minyak jagung
Dibuat dengan cara mengestrak biji jagung. Kandungan asam lemak tak jenuh minyak jagung lebih rendah dibanding minyak sawit.
Bagi anda penyuka gorengan tapi khawatir gemuk, silahkan mengganti minyak sawit dengan minyak jagung. Minyak jagung termasuk dalam minyak sayur cocok untuk gorengan deep-frying. Selain untuk menggoreng, minyak jagung juga pas untuk campuran mayones.

untuk gambar silahkan searching sendiri di google image, terimakasih.

Dikutip dari Tabloid Nyata Edisi I Februari 2020


Tidak ada komentar:

Posting Komentar