Rabu, 29 April 2020

Jangan Buang Batang Brokoli



sumber foto: https://www.pngdownload.id/png-fmse7n/


Kepopuleran brokoli sebagai sayuran bervitamin, mineral dan serat tak diragukan lagi. Tapi yakinkah anda telah memanfaatkan brokoli dengan benar?
Selama ini jika anda memasak brokoli, batangnya berakhir di tempat sampah kan? Jangan lakukan hal itu lagi. Karena anda membuang salah satu bagian sayuran yang paling bergizi, yaitu batang brokoli.

Dalam 100g batang brokoli cincang mengandung 2,98gm protein, 48mg kalsium, 325mg kalium serta sejumlah besar vitamin A. Ini hampir setara dengan jumlah yang ada di kuntum brokoli. Bahkan, batang brokoli mengandung lebih banyak kalsium, zat besi dan vitamin C per gram, dibanding dengan kuntum.

Sebelum dimasak, kupas dahulu bagian terluar batang brokoli karena bagian ini cukup keras. Apa saja yang bisa anda lakukan dengan batang brokoli? Ini dia diantaranya:

1.    Masukan batang bersama kuntum brokoli kedalam kaserol atau sup.
2.    Kupas dan cincang batang brokoli, campurkan dalam tumisan atau panggang di tusuk sate dengan ayam, nanas dan paprika.
3.    Haluskan batang brokoli, tambahkan dalam saus spaghetti. Bisa juga dibuat menjadi bubur bayi dan krim sup.
4.    Kupas batang brokoli, cuci bersih, iris bulat tipis. Masukan dalam air mendidih selama lima menit, tiriskan. Campur batang brokoli rebus dengan saus dan bahan lain. Sajikan sebagai salad.
5.    Setelah dikupas, iris panjang batang brokoli. Lumuri garam, minyak zaitun, bawang putih bubuk dan merica. Panggang dalam oven bersuhu 200⁰C hingga lunak dan matang. Sajikan untuk pelengkap menu utama. Atau  sajikan langsung dengan taburan keju feta dan saus.
6.    Potong potong kasar batang brokoli, campur dengan tulang sapi atau tulang ayam, wortel, bawang bombay, daun bawang dan seledri. Rebus hingga menjadi kaldu sayuran. Saring saat digunakan.
7.    Iris tipis bulat batang brokoli kupas. Celup dalam tepung berbumbu atau tepung tempura. Goreng hingga matang dan renyah. Sajikan untuk camilan.
8.    Iris tipis seperti lidi korek api atau serut asar. Campur dengan bahan lain. Buat salad sayuran fermentasi atau yang biasa disebut coleslaw.
9.    Fermentasikan menjadi acar. Caranya, iris persegi panjang batang brokoli, masukkan dalam toples bersih. Tambahkan garam kocok rata. Dinginkan selama 60 menit, tiriskan air yang telah terkumpul dibagian bawah toples. Tambahkan bawang putih, cuka dan minyak zaitun kedalamnya, aduk rata. Simpan dalam kulkas selama 12 jam.

Dikutip dari Tabloid Nyata Edisi I Oktober 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar