Senin, 20 April 2020

Tips Memilih & Mengolah Kepiting


sumber foto: https://www.pngdownload.id/png-cwoord/

Memilih
Proses memilih berdampak pada kesegaran olahan kepiting. Cermati tips memilih kepiting berkualitas berikut ini:

1.    Pilih Yang Masih Hidup
Kenapa kepiting yang hidup? Karena kepiting yang sudah mati sebelum dimasak telah kehilangan cairan dging. Hal ini akan memengaruhi ketebalan dan rasa daging.

2.    Rasakan Beratnya
Angkat kepiting, jika terasa berat dagingnya banyak. Pilih kepiting yang tidak terlalu kecil, setidaknya total berat tiga ekor kepiting berkisar antara satu kilo gram hingga satu setengah kilo gram.

3.    Periksa Cangkang
Kepiting hidup dan segar cangkangnya padar, bersih dan mengkilap. Ketuk cangkang untuk mengetes kesegaran. Jika nyaring, berarti kepiting terlalu lama disimpan meski masih hidup.
Kepiting hidup idealnya dimasak dua hingga tiga hari sesudah penangkapan. Cangkang kepiting betika lebih kurus dibanfing jantan. Badan kepiting betina lebih besar  dan dagingnya jauh lebih banyak. Daging kepiting betina memiliki rasa lebih manis dibanding kepiting jantan.

4.    Bagian Tubuh Lengkap
Biasanya kepiting dijual dengan cara di ikat. Tetap cek seluruh bagian tubuhnya, pastikan semua masih utuh dan lengkap.

5.    Pilih Kepiting Kering
Meski sama – sama masih hidup, pilih kepiting yang diletakan dalam wadah kering. Daripada kepiting hidup yang direndam di air. Kepiting yang direndam air, dagingnya berasa amis saat dimasak.
Selain itu, kepiting akan menyerap air yang membuat dagingnya terlalu basah dan lembek saat diolah. 

Mengolah
Sebelum kepiting diolah, inilah tahap – tahap yang sebaiknya dilakukan:

1.    Siram Air Panas
Matikan kepiting dengan cara disiram air mendidih, diamkan tiga menit, lalu bersihkan kotoran yang menempel di badan dan cangkang.

2.    Membelah
Buka cangkang bagian segitiga perut kepiting, lalu pisahkan cangkang dan tubuhnya hingga terbelah dua. Balikkan kepiting dengan posisi kaki diatas, tusuk bagian segitiganya, belah jadi dua bagian.

3.    Menghilangkan Amis
Manfaatkan air lemon, air jeruk nipis atau bawang putih cincang untuk menghilangkan bau amis. Caranya, balurkan merata bahan pada cangkang kepiting. Selain menghilangkan bau amis juga menambah aroma daging kepiting.

4.    Rebus
Selanjutnya rebus dalam air mendidih. Tambahkan serai, daun salam, daun jeruk purut, bayleaf, rosemary atau jahe saat merebus untuk menghilangkan amis dan menambah aroma. Rebus selama 15 menit dengan posisi kaki menghadap kebawah panci.

5.    Pendinginan
Usai proses perebusan, celupkan kepiting dalam air es, cukup liam menit saja. Proses ini berguna untuk membuat kepiting dingin, sehingga mudah dipegang dan dipisahkan bagian tubuhnya atau lebih mempermudah pengambilan dagingnya.

6.    Siap Dimasak
Siapkan bahan saus dan bahan tambahan lain. Kepiting siap diolah menjadi beragam sajian yang diinginkan.

Dikutip dari Tabloid Nyata Edisi III Desember 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar