Rabu, 29 April 2020

Sayuran Terbaik Untuk Jaga Kesehatan



Semua sayuran baik dan perlu dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Namun ada yang lebih baik di antara berbagai jenis sayuran. Apa saja ya?
Sayuran terbaik di antara berbagai jenis sayuran itu, karena mengandung zat yang jenis dan jumlahnya memang super. Keistimewaan lainnya dari sayuran terbaik itu adalah punya rasa yang enak, mudah diolah dan dimakan. Berikut sayuran – sayuran terbaik yang dimaksud:
·        Bok Choy
sumber foto: https://www.pngdownload.id/png-zsnuig/

Bok choy atau pak choy memang enak. Sayur ini sangat kaya vitamin A dan C. Ada yang menyebutkan dalam satu cangkir (250ml) bok choy yang sudah dimasak mengandung lebih dari 100 persen kadar vitamin A yang direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari. Selain itu juga memenuhi lebih kurang 2/3 kebutuhan vitamin C harian.
Kandungan bok choy lain yang sangat baik, yaitu folat, kalsium dan vitamin B6. Dari kandungan inilah membuat sayur ini baik untuk melindungi sel dari serangan kanker.

Untuk mendapat manfaat tersebut, pastikan tidak memasak sayuran ini dalam panas yang berlebihan atau terlalu lama. Saat di tumis, campur pada saat bumbu sudah siap sehingga sayur tidak perlu dipanaskan terlalu lama.
Resep yang perlu dicoba, yaitu membuat tumis bok choy dengan bawang putih dan jahe. Bahan yang diperlu disiapkan, satu ikat sayur bok choy, bawang putih dan jahe.
Setelah bahan – bahan disiapkan, iris bagian dasar bok choy sedikit saja untuk melepaskan ikatan daun. Pisahkan helai daun dan dapatkan daun anak yang ada di bagian dalam. Biarkan tiap helaian daun dalam keadaan panjang, jangan diiris kecil.
Setelah itu, kupas bawang putih dan parut jahe. Kedua bahan tersebut dimasukan dalam minyak goreng dingin yang sudah dituang ke dalam penggorengan. Nyalakan api sedang, biarkan bumbu berwarna coklat dan minyak goreng menyerap bau bumbu, masukkan bok choy, aduk kuat. Tambahkan air sedikit tutup wajan hingga daun menjadi matang, karena uap panas yang di timbul. Tambahkan garam, minyak wijen atau apapun yang anda suka. Aduk dan siap dihidangkan.

·        Kembang Kol
sumber foto: https://www.pngdownload.id/png-1ao0y6/

Kembang kol berkalori rendah, tetapi penuh nutrisi, termasuk karbohidrat, protein, serat, vitamin C, vitamin K, folat, vitamin B6, kalium, manganum, asam pantotenat, tiamin, riboflavin, magnesium, fosfor.
Banyak bukti menyatakan, ada kaitan erat antara kandungan gizi dan risiko serangan kanker. Dengan adanya kandungan vitamin dan mineral tersebut, ternyata kandungan vitamin dan mineral tersebut, ternyata kembang kol bisa dipertimbangkan untuk mencegah kanker. Seperti kanker payudara, usus, liver, paru dan lambung. Apalagi kadar vitamin C kembang kol cukup tinggi.

Kembang kol mengeluarkan bau spesifik karena mengandung senyawa belerang. Setelah dikunyah kembang kol yang dimasak masuk ke usus, kemudian senyawa  tersebut pecah dan mulai bekerja sebagai penghambat rusaknya sel.

Adapun cara memilih kembang kol yang baik. Pilih yang bunganya saling rapat dan tidak terpisah. Tekstur dan warna pada semua bahagian bunga harus sama, tidak boleh ada pengotor atau noda. Jangan menyimpan terlalu lama. Sebaiknya menyimpan dalam keadaan mentah agar tahan lebih lama.

·        Brokoli
sumber foto: https://www.pngdownload.id/png-irx8nh/

Brokoli kaya akan vitamin C, A, K, B9 (folat), kalium, fosfor, selenium. Mengolah brokoli tentu menyebabkan berkurangnya kandungan vitamin dan mineralnya, tetapi ternyata brokoli mentah maupun yang sudah dimasak tetap mengandung vitamin C yang luar biasa.
Separuh cangkir (78gram) brokoli masak sudah bisa memenuhi 84 persen kebutuhan vitamin C harian. Bisa dibilang kandungan vitamin C-nya sudah 1,5 kali lebih banyak dibandingkan jeruk. Kandungan antioksidan brokoli ampuh untuk menjaga sel tetap sehat. Walaupun masih eksperimen, data sementara membuktikan brokoli baik untuk mencegah kanker payudara, prostat, lambung, usus, ginjal dan kandung kemih. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi pada brokoli, juga mampu melindungi kesehatan jantung dan pembuluh darah dan tentu saja buang air besar tetap lancar karena kekayaan serat. Tak hanya itu, brokoli juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak.

Dikutip dari Tabloid Nyata IV Juni 2019


Tidak ada komentar:

Posting Komentar