Senin, 13 April 2020

Ragam Jenis Metode Memasak

sumber foto https://www.pngdownload.id/png-zh3s9c/


1.     pengolahan makanan dengan sistem panas kering (dry cooking) yang termasuk dry cooking adalah:

·         Baking memasak dalam oven atau memanggang seperti pembuatan roti dan cake

·         Deep frying menggoreng bahan makanan dengan minyak banyak (sampai terendam) dan menggunakan deep friyer

·         Grilling memasak bahan makanan dimana sumber panas datang dari bawah seperti membakar ikan

·         Roasting memanggang daging atau unggas dapat menggunakan roasting pan, convection oven atau electric rotisseries (digunakan untuk ayam dalam jumlah banyak

·         shallow frying: memasak atau menumis bahan makan dengan minyak sedikit, biasanya menggunakan frying pan atau dalam jumlah besar menggunakan tilting pan atau bratt pan. yang termasuk dalam shallow frying adalah saute, sweat, stir fry

2.     pengolahan bahan makanan dengan sistem panas basah (wet cooking) yang termasuk wet cooking adalah:

·         Boiling merebus bahan makanan dalam air atau kaldu (stock) yang mendidih (100*c). umumnya memasak sayuran.

·         Blanching merebus sayuran atau daging dalam air mendidih dengan waktu singkat, kemudian segera didinginkan. tujuannya melepaskan kulit luar dari sayur atau membersihkan bahan bahan lainnya.

·         Simmering memasak atau membiarkan masakan mendidih perlahan lahan diatas api (suhu 95-99*c).

·         braising memasak bahan makanan dengan pencoklatan sedikit minyak kemudian di simmer dengan cairanya, di tutup lalu di oven sampai matang. biasanya dilakukan pada daging, gunanya untuk mengempukan.

·         Stewing memasak bahan makanan dengan cairan sedikit.

·         Poaching merebus dengan air yang diberi cuka atau lemon juice suhu yang digunakan 87-93*c. bahan yang digunakan biasanya ikan telur atau buah buahan dan telur.

·         Steaming memasak dengan mengunakan uap air panas, biasanya untuk sayuran dengan atau frozen food dan pudding

 3.     Jenis Teknik Memasak Lainnya:


·         FlambeTeknik memasak dengan cara memercikkan alkohol (Brandy atau Rhum) pada permukaan wajan atau langsung pada makanan hingga alkohol habis terbakar dan api menyambar masuk serta menyala dimakanan. Hidangan terkenal yg menggunakan teknik ini misalnya Fruit Flambe; Cherry Jubilee, atau Crepes Suzette

·         Au GratinTeknik memanggang dengan menggunakan api atas. Teknik ini selain digunakan untuk langsung mematangkan makanan, bisa juga untuk memanggang sebentar saus putih yang disiram diatas permukaan makanan hingga berwarna kecoklatan. Salah satunya yang terkenal adalah Potato Au Gratin.

·         Au Bain Marie Memasak makanan dengan media air sebagai perantara sehingga makanan tidak langsung kontak dengan sumber panas. Biasa dikenal dengan istilah tim. seperti saat memasak cheese cake atau pudding karamel.

·         Beurre ManieIstilah Prancis untuk adonan yang dibuat dari campuran tepung terigu dan mentega. Biasanya digunakan untuk mengentalkan saus.

·         Brulle Istilah untuk jenis hidangan yang pemukaan atasnya ditaburi gula yang dipanggang hingga gula meleleh dan membentuk karamel. Creme Brulee adalah salah satu contohnya yang paling populer.

·         Au Beurre (dalam mentega): sayuran yang direbus atau dikukus kemudian ditumis dengan mentega. teknin iti cocok untuk jenis umbi dan daun.

·         Aux Fines Herbs (dengan penambahan herbs yang dicincang): sayuran yang ditumis dengan mentega ditambah parsley, dill dan mint.

·         Au Veloute sayuran yang diblanch, dikukus dengan veloute sauce. sesuai untuk kol, buncis, kacang polong dan bayam.

·         Al Anglaise sayuran yang dimasak dengan air garam tiriskan lalu glaze dengan mentega. teknik ini sesuai untuk wortel, kacang polong, buncis, seledri, asparagus, dan bayam.

·         Ala Creme  sayuran yang dikukus dimasak dengan krim (dikentalkan dengan bechamel sauce dan krim), sesuai untuk wortel, kacang polong, dan bayam.

·         Ala Milanaise sayuran yang dikukus atau direbus di taburi dengan keju parmesan. ditambahkan mentega selajutnya di gratin. sesuai untuk bunga kol, asparagus, chicore.

·         Ala Moelle sayuran dikukus dengan bordelaise sauce siram dan hias dengan tulang sumsum sesuai untuk fenchel.

·         Ala Polonaise sayuran yang direbus disiran dengan tepung roti yang dicampur mentega cair. sesuai untuk asparagus dan buncis.

·         Braize Au Jus jenis kol yang keras dimasak dengan lemak, bacon, dan bawang bombay. isi dengan fond atau jus lalu rebus hingga matang.

·         Frite digoreng langsung tanpa di rebus.

·         Nature  sayuran diiris, dibasahi dengan cream atau susu bumbui taburi terigu dan goreng.

·         En Frito sayuran di marinade dengan jeruk nipis, bumbui celupkan dalam adonan tepung, goreng dalam lemak. teknik ini sesuai untuk semua jamur.

·         Glaze sayuran dikukus atau direbus dengan gula dan mentega. masak sampai cairan berkurang seperti sirup. bisa juga sayuran yang sudah dimasak dalam kaldu ditumis dengan mentega dan gula. sesuai untuk wortel, kacang polong dan buncis.

·         Puree sayuran yang dimasak mengandung air seperti wortel atau seledri dimasak dengan 1/3 kentang kemudian disaring dan diseleikan dengan mentega. sayuran yang mengandung pati seperti kacang polong buncis diolah denga krim dan metega dihaluskan menjadi puree.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar