Kamis, 30 April 2020

Yuk, Penuhi Kebutuhan Vitamin C Harian Anda


sumber foto: https://www.pngdownload.id/png-726nne/

Banyak yang tahu perlunya mencukupi asupan vitamin C dalam tubuh. Sayangnya, banyak yang tidak tahu dari mana sumber vitamin C itu berasal. Tidak hanya itu, kebanyakan orang juga tak tahu kebutuhan asupan vitamin ini setiap hari. Akibatnya kebutuhan vitamin C harian tubuh tidak tercukupi secara maksimal.

Adapun tanda – tanda seseorang kekurangan vitamin C yaitu proses penyembuhan luka yang dialaminya lambat, sering terjadi pendarahan pada gusi, lemak tubuh meningkat, kulit kasar, menurunnya kekebaan tubuh, memperburuk gangguan penglihatan dan sering sariawan.

Nah agar tidak bingung bagaimana mencukupikebutuhan vitaminC, sekaligus mengetahu sumber – sumber vitamin C-nya, simak deh:

v  Jeruk
Jeruk sejak dlu dikenal sebagai sumber vitamin C yang sangat kuat. Satu buah jeruk segar sudah mengandung 70mg vitamin C, atau satu gelas kecil jus jeruk mengandung 93mg vitamin C. Untuk itu, biasakan mengkonsumsi jeruk dari jenis apapun setiap hari.

v  Tomat
Tak perlu diragukan lagi buah tomat sudah pasti kaya vitamin C. Dalam 100gr buah tomat mengandung 100mg vitamin C. Jadi jangan lupa mengkonsumsi buah ini.

v  Kiwi
Belum tentu semua orang tahu kalau buah ini mengandung vitamin C lebih tingg dibandingkan jeruk. Bahkan kiwi mengandung mineral kalium setara dengan buah pisang. Dengan begitu, anak yang suka buah kiwi, pasti tidak mudah terkena infeksi pernapasan.

v  Kembang Kol
Kembang kol perlu diperhitungan keberadaanya sebagai sumber vitamin C, karena dalam 130gr kembang kol, mengandung sekitar 46mg vitamin C. Jangan lupa ada juga kandungan vitamin K, folat dan serat dalam kembang kol.

v  Daun Basil
Basil merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Kalau sulit mendapatkan basil, bisa diganti dengan daun kemangi. Tapi  sekarang basil sudah mulai banyak dijual di supermarket. Satu cangkir daun basil atau kemangi segar diperkirakan mengandung 130mg vitamin C.
v  Brokoli
Brokoli mentah atau masak yang berukuran kecil saja sudah mengandung 90mg vitamin C dan kita perlu tahu bahwa sayur ini adalah pilihan terbaik untuk mereka yang ingin melakukan detoks.

v  Daun Kelor
Daun kelor sangat kaya kandungan vitamin C. Konsumsilah sesering mungkin dengan takaran kira – kira 150gr daun segar. Cukup dikukus sebentar atau disiram air panas. Pastikan tidak merebusnya, karena dapat merusak kandungan vitamin C didalamnya.

v  Stroberi
Stroberi boleh disebut sebagai buah yang sangat menyehatkan. Kadar vitamin C dalam stroberi sangat tinggi, sehingga buah ini cocok sebagai antioksidan pencegah rusaknya sel yang bisa menyebabkan kanker. Mengkonsumsi 75gr stroberi sehari sudah memenuhi kebutuhan vitamin C harian.

v  Pepaya
Jangan mengabaikan buah papaya. Dalam 75gr buah pepaya sudah terpenuhi kebutuhan vitamin C harian. Selain itu, buah pepaya juga mengandung vitamin A.

v  Kale
Kale merupakan jenus sayur berwarna hijau gelap yang mempunyai kadar vitaminC, yang tidak boleh diabaikan. Dalam 75gr kale mengandung 130mg vitamin C yang diperlukan sehari.
v  Parsley
Banyak orang  yang  bingung membedakan antara parsley atau yang biasa dikenal dengan nama peterseli dengan daun seledri dan ketumbar. Sebab bentuk daunnya yang hampir mirip. Pasalnya, ketiganya merupakan satu spesies yaitu petroselinum. Tapi dari ketiganya peterseli lah yang mengandung vitamin C paling tinggi.

v  Kecambah
Kecambah mempunyai reputasi sebagai sumber vitamin C yang luar biasa. Sebanyak 75gr kecambah, mengandung sekitar 50mg vitamin C dan juga vitamin lain yaitu vitamin K, folat, vitamin A, mineral manganium, kalium dan serat.


Kebutuhan Asupan Vitamin C
Dalam tubuh manusia tidak menyimpan vitamin C, sehingga perlu asupan dari luar. Untuk orang dewasa, kebutuhan vitamin C sebesar 65 – 90mg perhari. Supaya terpenuhi asupan vitamin C harian, caranya cukup mudah. Konsumsilah makanan sehari – hari yang seimbang yaitu cukup sayur dan buah. Dengan begitu kebutuhan vitamin C tercukupi.

Tentu bagi wanita hami, menyusui dan pria dewasa kebutuhan vitamin C lebih banyak, batas minimum ¾ cangkir jus jeruk atau ½ cangkir brokoli masih aman. Kekurangan vitamin C bisa terjadi pada orang dengan kondisi tertentu. Seperti pola makan sehari – harinya yang buruk, seperti orang yang menjalani hemodialisis, peminum dan perokok. Khusus perokok perlu tambahan asupan vitamin C sebesar 35mg perhari untuk memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas dari rokok.


Dikutip dari Tabloid Nyata Edisi IV Agustus 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar