Senin, 04 Mei 2020

Memanfaat Putih Telur Sisa



sumber foto: https://www.pngdownload.id/png-2smxp8/

Sebagian cake, roti dan kue lebih membutuhkan kuning telur dari pada putihnya. Eits, bukan berarti putih telur sisa tak terpakai ya. Yuk, manfaatkan untuk banyak hal.

1.    Putih Telur Beku
Jika tidak akan segera digunakan, simpan putih telur dengan cara membungkusnya dengan plastik tebal, kemudian masukan freezer.  Atau tuangkan dalam cetakan es batu, lalu bekukkan dalam freezer. Putih telur beku bisa bertahan hingga tiga bulan. Jika akan digunakan, keluarkan dari freezer dan simpan semalam di kulkas sampai mencair.

2.    Glasir Roti
Oleskan putih telur dipermukaan roti burger (burger buns), kue bagel atau kue goreng. Anda akan mendapatkan roti yang mengkilap dan cantik permukaannya. Oles putih telur sebelum anda menambahkan bahan taburan seperti wijen, biji – bijian atau kacang. Ini akan membuat bahan taburan lengket dan tidak mudah lepas saat dipanggang.

3.    Frosting dan Topping
Campuran putih telur dan gula bubuk kocok bisa dioleskan di atas adonan kukis sebelum dipanggang dan sesudah dipanggang (royal icing). Selain membuat kukis lebih menarik, royal icing juga memberi rasa manis krenyes dingin saat digigit. Putih telur kocok juga bisa digunakan sebagai pengganti whipped cream atau krim kocok dalam beragam dessert dan minuman. Jika anda mengocok putih untuk mengias kukis, tambahkan sedikit air lemon atau cuka agar icing lembut, mengkilap dan tidak amis. Sedangkan untuk topping, tambahkan jelly bubuk agar teksturnya lembut dan lebih ringan.

4.    Meringue
Campur putih telur dengan gula bubuk, kocok hingga kaku dan mengembang. Tambahkan esen dan pewarna makanan, kemudian spuitkan dalam loyang dan panggang. Jadi deh permen putih telur atau meringue. Simpan meringue dalam wadah kedap udara setelah benar – benar dingin.

5.    Campuran Koktail
Beberapa jenis cocktail (minuman racik berbahan alkohol) menambahkan putih telur. Tujuannya memberikan sensasi rasa yang kaya, tekstur creamy, serta permukaan yang berbusa. Eggnog, clover club koktail, ponche cream adalah beberapa jenis cocktail yang diberi tambahan putih telur.

6.    Mousse
Sifat putih telur kocok yang kaku adalah pengganti yang sempurna untuk gelatin non – vegetarian pada mousses. Pilih cokelat klasik atau ganti krim degan yogurt dalam versi yang lebih ringan.

7.    Bahan Pencelup
Gunakan putih telur untuk celupan atau perekat bahan makanan yang dibreaded (dilapisi remahan roti). Seperti kroket, chicken cordon blue, risoles dan lainnya.

8.    Kacang Renyah
Ada rahasia untuk membuat camilan kacang lebih renyah. Yup, putih telur dapat membuat  beragam camilan lebih renyah. Sama seperti glasir roti, putih telur menambahkan lapisan mengkilap sekaligus membuat renyah kacang panggang anda. Putih telur juga membantu topping, seperti gula atau rempah – rempah menempel sempurna.

9.    Makaron
Siapa yang tak kenal camilan manis berbentuk bulat kecil berwarna – warni ini. Ya, makaron memang sangat banyak digunakan dalam penyajian makanan terutama dessert. Rasa serta tampilan menarik membuatnya jadi pilihan suguhan istimewa. Anda tidak harus pergi jauh – jauh ke paris untuk mencicipi makaron. Coba membuatnya dirumah dengan memanfaatkan putih telur sisa.

10. Di Kukus
Alih – alih pengganti tofu atau tahu. Kukus saja putih telur hingga padat. Setelah dingin potong sesuai selera. Anda bisa menumis, menggoreng, memanggang atau sekedar mencampurkan putih telur kukus dalam beragam olahan.


Dikutip dari Tabloid Nyata edisi II Februari 2020



Tidak ada komentar:

Posting Komentar