Senin, 04 Mei 2020

10 Rempah Penting Dalam Masakan Tionghoa



Masakan Tionghoa kaya rempah. Selain memperkaya rasa, rempah juga menunjang kesehatan. Ada 10 rempah penting dalam sajian khas Tionghoa. Apa saja?

1.    Bintang Adas (Pekak)
sumber foto: https://www.pngdownload.id/png-3djghz/

Berbentuk seperti bintang, rasanya manis. Aromanya segar dan lembut. Pekak utuh digunakan dalam sajian berkuah. Pekak bubuk untuk membumbui olahan sayuran. Pekak juga bisa ditambahkan dalam makanan penutup dan koktail.

2.    Kapulaga Hitam
sumber foto: https://www.pngdownload.id/png-9uyh83/

Ukuran kapulaga hitam sedikit lebih besar dibanding kpulaga hiju. Rasa serta aromanya juga lebih kuat. Digunakan dalam sup, sup krim, olahan ikan berkuah kental, kaserol dan bumbu bergam olahan serba panggang. Bisa juga ditambahkan dalam puding beras, kue, minuman hangat dan nasi berbumbu.

3.    Cabai kering
Hampir semua olahan masakan tionghoa menggunakan cabai kering sebagai salah satu bumbu. Terutama masakan pedas. Semakin pedas menu yang ingin disajikan, semakin banyak cabai kering yang digunakan.

4.    Lada Szechuan
Lada atau merica szechuan bukan termasuk keluarga merica. Bumbu ini di sebut merica karena rasanya pedas dan aroma tajam. Merica szechuan berwarna hijau dan merah kecoklatan. Biasanya dikeringkan atau disangkari sebelum dipakai sebagai bumbu masak. Rempah ini digunakan dalam masakan pedas seperti Ma Po Tofu dan olahan mie pedas

5.    Kulit Jeruk
Chenpi atau Chimpi adalah kulit jeruk keprok yang keringkan. Bahan ini digunakan sebagai bumbu tradisional. Biasanya ditambahkan dalam semur dan rebusan sayur sayuran. Kulit memberi rasa hangat dalam masakan dan juga menambah aroma segar.

6.    Adas
Tak hanya biji adas yang digunakan sebagai rempah dalam masakan tionghoa. Umbi, tangkai dan daun tanaman adas juga dapat dimakan. Biji adas lezat dalam hidangan daging seperti sup daging dan semur daging. Mie kuah dan aneka sup lainnya juga lebih segar dengan tambahan adas.

7.    Nghohiong
Ngohiong yang populer dengan sebutan five spice powder merupakan perpaduan dari adas, cengkeh, merica szechuan, pekak dan kayu manis yang ditumbuk menjadi satu. Jika anda repot membikin sendiri, bisa membeli ngohiong siap pakai berwarna cokelat kemerahan.
Ngohiong memberi rasa manis, asam, pedas, pahit dan asin dalam masakan. Rempah ini untuk membumbui ayam panggang, daging panggang dan juga penyedap rasa.

8.    Jinten

sumber foto: https://www.pngdownload.id/png-c27jc1/

Jinten digunakan memarinade (merendam dalam bumbu) daging domba, daging sapi dan unggas (bebek, ayam burung dara). Bisa juga sebagai bumbu sajian tumis.

9.    Kayu manis
Kayu manis dalam masakan tionghoa berbeda dengan kayu manis dalam masakan eropa dan amerika. Kayu manis cina disebut cassia , memiliki rasa serta aroma gurih. Sedangkan kayu manis eropa dan amerika adalah kayu manis ceylon atau kayu manis meksiko. Kayu manis cassia digunakan untuk membumbui masakan berkuah terutama yang berbahan daging babi. Tak jarang ditambahkan ketika menanak nasi.

10.  Cengkeh
sumber foto: https://www.pngdownload.id/png-p4xt2c/

Rempah berbentuk kuncup bunga mungil ini dianggap sebagai bumbu pemberi rasa serta aroma segar dalam masakan. Paling sering digunakan untuk membumbui masakan berbahan daging merah. Rempah juga bisa ditambahkan dalam minuman hangat.

Dikutip dari Tabloid Nyata Edisi V Januari 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar