Jumat, 08 Mei 2020

14 Trik Sukses Bikin Kue



Pernahkah mengalami kejadian lapisan atas cake buatan anda tidak rata? Kukis terlalu melebar saat dipanggang? Hal itu tidak akan terjadi lagi, karena kami punya trik mengatasinya. Ini dia:

1.    Loyang Warna Terang

Pilih loyang warna terang untuk memanggang cake, terutama cake vanila. Jangan gunakan loyang dengan lapisan anti lengket hitam pekat. Loyang berwarna gelap menyerap lebih banyak panas. Sehingga adonan cepat panas dan gosong. Jika terpaksa menggunakan loyang berwarna gelap atau hitam, turunkan suhu panggang sekitar lima derajat celcius.

2.    Membungkus Cake

Permukaan cake mengembang pecah dan tidak rata sehingga harus dipotong? Lupakan hal itu, sayang jika ada bagian bagian cake yang dibuang. Dua trik ini akan menyelesaikan.

Pertama, bungkus loyang menggunakan handuk kue yang bersih untuk meredam panasnya. Kedua balikkan dan tekan perlahan cake. Lakukan selama beberapa saat sampai permukaan cake rata. Tak perlu membuang cake bukan?

3.    Motif Renda                                                                       

Butuh sedikit kreatifitas untuk membuat tampilan kue lebih menarik tetapi tidak ribet. Gunting sedikit motif renda dari kain. Pastikan kain bersih ya. Letakkan renda diatas kue, taburi gula halus atau bahan hiasan lain. Angkat renda dan lihatlah. Kue jadi cantik dalam sekejap.

4.    Gunakan Tusuk Gigi

Ingin menghias permukaan dengan tulisan tapi taku tidak rapi? Manfaatkan tusuk gigi untuk membuat pola lebih dahulu. Seteah itu semprotkan bahan hiasan diatas pola. Rapi dan cepat, seperti tukang kue profesional.

5.    Jepit Makanan

Kreatif itu perlu. Tak butuh alat khusus untuk membuat pinggiran pai lebih menarik. Jepit kue atau garpu juga ujung sendok bisa dimanfaatkan untuk merapikan bagian ini agar tampil lebih menarik.

6.    Krim Lebih Bervolume

Whipped cream atau mentega putih kocok siap pakai, merupakan pilihan praktis untuk menutup permukaan cake, kue dan cupcake. Jangan lupa untuk tetap mengocok ulang bahan ini agar lembut, bervolume dan mudah digunakan. Cukup kocok menggunakan mixer berkecepatan tinggi selama lima hingga tujuh menit sebelum digunakan.

7.    Gunakan Hair Dryer

Pernahkan bertanya – tanya bagaimana lapisan ganache halus dan mengkilap? Manfaatkan hair dryer untuk melakukan keajaiban ini. Sembari anda meratakan ganache menutupi cake, arahkan panas hair dryer untuk merapikan sekaligus membuat ganache mengkilap.

8.    Melumerkan Selai

Selai cokelat, keju dan selai buah siap pakai untuk menghias cake atau kue memang praktis. Tapi cek dulu teksturnya. Campurkan sedikit susu cair atau minya sayur untuk memperkaya rasa selai sekaligus membuat tekstur selai lebih lembut dan mudah dioleskan pada permukaan cake dan kue. Coba saja.

9.    Melunakkan Mentega

Lunakkan mentega dengan cara menuangkan air panas dalam gelas. Setelah itu buang air panas, gunakan gelas untuk menutupi mentega. Jika anda perlu memasukkan mentega dingin kedalam adonan pastry, triknya adalah memarut lembut mentega lebih dulu. Dengan begitu akan mudah hancur dan bercampur dengan adonan.

10. Roti Tawar Pelembab Cake

Cake yang tidak langsung dihias atau dilapisi krim, permukaan serta bagian luarnyamenjadi keras dan kering. Jaga kelembapan cake dengan meletakan selembar potong roti tawar diatasnya. Dengan cara ini, cake tetap lembut serta lembab meski semalaman anda biarkan.

11. Tepat Pilih Gula

Setiap orang memiliki ide yang berbeda tentang kesempurnaan kukis. Ada yang suka kukis empuk, renyah atau kukis yang lumer dimulut. Kunci untuk mendapatkan kukis yang anda inginkan adalah penggunaan jenis gula.

Jika ingin kukis padat tapi empuk, pilih gula bubuk. Untuk kukis yang langsung lumer dimulut pilih gula pasir butiran lembut. Kukis yang renyah dan seikit mekar, pilih gula palem atau gula pasir butiran kasar.

12. Gunakan Cetakan Kukis Kecil

Agar pinggiran pai tetap cantik anda bisa memanfaatkan penjepit makanan, ujung sendok atau garpu. Tapi bagaimana dengan penutup pai? Gunakan cetakkan kukis ukuran kecil dengan beragam bentuk untuk menutup sempurna, tampilan pai juga lebih cantik.

13. Manfaatkan Air Hangat

Dapatkan hasil akhir  frosting (lapisan krim penutup cake) yang sempurna denga cara selalu mencelupkan pisau atau solet kedalam air panas sebelum digunakan untuk merapikan bahan frosting (butter cream, ganache dan lain – lain). Panas yang mengalir dalam solet akan membuat frosting lebih mudah dibentuk dan dirapikan.

14. Krim Kocok Lebih Lembut

Untuk membuat krim kocok yang lembut, tuangkan krim cair dalam wadah. Letakkan diatas loyang berisi es batu serut, kemudian kocok hingga kaku dan lembut. Suhu dingin membuat krim lebih cepat mengental, padat dan lembut.

 

 

Dikutip dari Tabloid Nyata Edisi II Februari & III Februari 2020


Tidak ada komentar:

Posting Komentar