Jumat, 08 Mei 2020

Trik Tepat Kupas & Iris Buah


Untuk mendapatkan kupasan serta irisan buah yang cantik, berikut ini trik tepat dan cepat tentunya.
1.    Delima

Mendapatkan bulir delima utuh kelihatannya susah, karena bulir menempel kuat dikulit. Cara mudah mengupas dan memotong agar semua biji utuh adalah dengan mengupas sebagian ujung dan pangkal kulitnya. Kemudian retakkan dan keruk bulir delima menggunakan sendok makan.

2.    Persik atau Nectarine

Mencoba mengupas buah persik dengan pisau sangat menyulitkan. Cara praktis agar mudah terkelupas, cukup ukir X  dibagian atas buah persik, masukkan dalam air mendidih sebentar. Lihatlah kulit akan terkelupas segera.

3.    Nanas

Pertama potong bagian pangkal dan ujungnya, lantas potong bagian tengah secara melintang jadi empat bagian. Buang bagian tengah nanas. Dengan posisi nanas berdiri, belah lagi jadi dua, kemudian buang kulitnya. Iris – iris daging nanas kupas dalam bentuk kecil, sajikan.

4.    Jeruk

Jika anda ingin memotong jeruk dengan cara yang seefisien mungkin, potong terlebih dahulu kedua ujungnya. Kemudian, buat sayatan disatu sisi jeruk. Dengan menggunakan jari – jari and, bukalah sayatan itu seperti buku. Jeruk siap dinikmati.

5.    Alpukat

Teknik kupas dan memotong terbaik untuk alpukat, dimulai dengan mengirisnya menjadi dua bagian dan mengeluarkan bijinya. Setelah itu belah tiap potongan menjadi dua lagi dan tarik kulitnya kearah belakang.

6.    Mangga

Ada dua cara cepat mengupas dan mengiris mangga. Pertama, potong mangga menjadi dua sepanjang isinya. Kemudian, buat irisan bentuk kotak kecil pada daging mangga. Terakhir, nalikkan kulit mangga dan anda telah memotong dengan sempurna.
Kedua, potong mangga menjadi dua sepanjang isinya. Kemudian, menggunakan gelas kososng, perlahan – lahan geser setiap irisan ke bawah. Gelas akan mengupas kulit mangga.

7.    Stroberi

Gunakan sedotan untuk mengilangkan bagian tengah stroberi yang biasanya agak keras dan daun stroberi. Mulailah dengan memasukkan sedotan ke bagian bawah dan perlahan – lahan dorong melalui tengah ke atas.

8.    Semangka

Letakkan semangka posisi rebah, belah tengah menjadi dua. Tengkurapkan atau balikkan semangka denga posisi kulit dibagian luar. Belah lagi tiap bagian menjadi empat, lalu potong – potong bentuk kotak hingga tampak seperti jaring – jaring. Nah, anda tinggal menarik irisan semangka kotak dan hap.

9.    Tomat Ceri

Jika anda memiliki lusinan tomat ceri untuk dipotong, lakukan cara ini. Tempatkan tomat dalam piring, letakkan piring lain atau tutup piring berbahan plastik diatasnya. Tekan sedikit piring bagian atas, iris tomat menggunakan pisau bergerigi, lalu geser memutar hingga semu tomat terpotong bersamaan.

10. Kiwi

Agar nutrisi yang terkandung dalam kulit kiwi tidak hilang, mulailah dengan memotong kedua ujungnya. Setelah itu tegakkan posisi kiwi. Gunakan sendok untuk melepaskan daging buah dari kulitnya. Tarik perlahan agar buah tidak hancur.


Dikutip dari Tabloid Nyata Edisi IV Februari & I Maret 2020


Tidak ada komentar:

Posting Komentar