Kamis, 14 Mei 2020

Apa Sih Kelebihan Peralatan Enamel?



Enamel atau Percelain Enamel merupakan bahan anti gores dan anti lengket yang dilapiskan pada logam atau besi. Fungsinya untuk memperoteksi permukaan barang dari kerusakan, memperbaiki kualitas dan sekaligus mempercantik tampilan. Enamel merupakan material yang bagus untuk pelapis berbagai peralatan rumahtangga.

Meskipun faktanya penggunaan enamel sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Tapi kinin, enamel kembali di aplikasikan pada perabotan dapur generasi terbaru. Tampilannya semakin menarik, variannya juga beragam.

Dibanding besi atau stainless steel, peralatan enamel memiliki lebih banyak keunggulan. Apa saja kelebihannya?

v Kelebihan

·         Anti Gores

Lapisan enamel lebih kokoh, anti lengket dan anti gores. Tak perlu spatula kayu atau silicon untuk mengadduk agar tidak tergores.

·         Tidak Meninggalkan Bekas

Khusus enamel berjenis marble tahan terhadap kontaminasi warna, sehingga tak khawatir tertinggal bekas kunyit, paparan air teh terus menerus hingga bekas kerak bahan.

·         Non Toxic

Peralatan berbahan dasar enamel bersifat non toxic sehingga sudah pasti aman digunakan untuk mengolah bahan makanan. Tak perlu khawatir terjadi kontaminasi dengan bahan makanan.

·         Tahan Suhu Tinggi

Alat ini tahan terhadap suhu tinggi hingga 200 derajat celcius. Bisa dindalkan untuk membuat masakan berkuah atau yang butuh waktu matang lama seperti gudeg. Bahkan beberapa kasus menunjukan alat masak enamel lebih tahan api dibanding teflon.

·         Panas Merata

Panas alat masak enamel cepat merata, jadi gorengan atau panggangan matang merata dan bersamaan.

·         Mudah Dibersihkan

Alat berbahan enamel juga sangat mudah dibersihkan. Sesaat setelah digunakan, anda hanya perlu mengelap spon atau busa, praktiskan. Peralatan enamel juga aman dibersihkan menggunakan mesin pencuci piring.

·         Modelnya Kekinian

Selain alat masak, ada juga alat persiapan memasak dan piranti makan berbahan enamel. Peralatan enamel bahkan sering dianggap sebagai barang mewah karena presentasinya elegan, warnanya cerah dan motifnya beragam.

·         Tahan Lama

Peralatan masak enamel tahan lama dan kuat. Sehingga anda bisa berhemat untuk tidak sering membeli yang baru.

v Kekurangan

·         Berat

Alat masak enamel lebih berat dibanding alat sejenis lain. Kecuali untuk alat makan hampur sama beratnya.

·         Lambat panas

Karakteristik konduktivitas termal alat masak enamel rendah. Sehingga agak lama untuk membuat alat ini panas ketika akan digunakan.

·         Mudah Terkelupas

Musuh utama peralatan enamel adalah karat. Karat akan muncul jika lapisan enamel terkelupas akibat tergores atau jatuh. Hindari gesekan! Meski kuat enamel mudah terkelupas karena gesekan dengan alat berbahan logam.

·         Licin

Lapisan enamel sangat halus. Hati – hati saat mengaduk langsung diatas alat ini. Pegang gagang panci atau wajan sehingga tak khawatir panci ‘lari’ dari atas kompor.

 

v Merawat

Bagaimana cara merawat alat masak berlapis enamel agar lebih awet?

1.    Hindarkan dari benturan dengan barang berbahan besi dan jangan sampai terjatuh.

2.    Jangan gunakan plastik keras atau wol baja karena bisa mengikis lapisan enamel.

3.    Biarkan alat masak dingin dulu, baru dicuci.

4.    Jangan gunakan sabun berbahan dasar jeruk, karena membuat permukaan luar kusam.

5.    Setelah dicuci, lap hingga benar – benar kering. Air yang tersisa di sela –sela alat mudah menimbulkan karat.

6.    Gantung dirak piring yang bagian bawahnya terdapat lubang angin dan peniris air. Jangan lupa, simpan di tempat yang kering ya!

7.    Untuk noda membandel, rendam dulu campuran detergen dan air hangat. Biarkan beberapa menit, lalu cuci seperti biasa.

8.    Anada juga bisa menempelkan pasta baking soda selama beberapa menit untuk menghilangkan kerak.

 

Dikutip dari Tabloid Nyata Edisi III Maret 2020

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar