Senin, 22 Juni 2020

Ragam Jenis Labu




·         Cinderella

Labu Chesse Long Island dan Rouge Vif d’Etampes mendapat julukan labu cinderella. Berbentuk bulat, montok, kulitnya halus berwarna oranye. Dagingnya sangat manis dan keras, cocok untuk dipanggang, dikukus, direbus dan bahkan diasamkan. Isi dan kulitnya juga enak dikonsumsi.

                 ·         Butternut

Menjadi bahan standar untuk sup krim, tumisan, isi ravioli dan risotto. Cocok dipanggang, dikukus dan direbus. Merupakan labu termanis, berdaging tebal berwarna oranye terang, serat lembut, lembab dan berbiji sedikit. Bentuknya seperti buah pir panjang.

·         Turban

Berbentuk seperti turban atau sorban (topi khas turki). Kulitnya bergelombang dengan warna hijau berbintik – bintik, oranye dan kuning. Lebih banyak digunakan sebagai hiasan. Meski banyak dimanfaatkan untuk dekorasi, labu ini enak dipanggang dan diolah untuk sup. Dagingnya lembut, agak banyak mengandung pati dan rasanya sedikit manis.

                 ·         Kabocha

Sering disebut labu jepang. Berbentuk bulat pendek, kulit berwarna hijau dan oranye. Teksturnya padat, kering, kaya tepung, sangat manis, agak pedas dan lembut. Biasa diolah beserta kulit atau dipanggang utuh. Kabocha kulit oranye umumnya dikukus atau direbus untuk menambah kelembapan dagingnya. Setelah matang disajikan dengan dashi, mirin, kecap dan sake. Kabocha kulit hijau cocok ditumis, dipanggang dan dihaluskan untuk pizza dan dessert.

                 ·         Acorn

Berbentuk bulat dengan ujung meruncing seperti biji kapulaga. Kulitnya tebal berwarna hijau tua, oranye dan putih. Dagingnya lembab, berwarna oranye kekuningan, manis dan lembut. Sempurna dipanggang, dikukus, ditumis, dihaluskan untuk pai atau sup. Cocok diolah utuh dengan beragam isian. Sebaiknya panggang labu beserta kulit. Setelah matang baru dikupas.

              ·         Spaghetti

Berbentuk oval, berkulit tipis, berwarna putih kekuningan. Dagingnya kuning cerah. Saat mentah teksturnya padat, tapi ketika diurai akan menjadi helaian seperti spaghetti. Renyah dan tawar rasanya sehingga harus disajikan dengan saus. Atau dipanggang dengan taburan mentega dan garam. Menjadi alternatif pengganti spaghetti bagi yang alergi gluten.

 

·         Delicata

Berukuran kecil, lonjong, kulitnya bermotif garis berwarna kuning cerah, hijau gelap dan oranye, kulitnya sangat tipis dan dapat dimakan. Dagingnya lembut, manis, pedas. Sempurna untuk sajian kue dan panggang. Tambahkan mentega, sirup maple dan kayu manis bubuk saat memanggang.

             ·         Hubbard

Paling menonjol dari hubbard adalah ukurannya besar, mencapai lima kali butternut. Berbentuk bulat, warna kulitnya hijau tua hingga pucat dan biru keabu – abuan. Dagingnya berwarna oranye terang, sangat manis dan lembut. Paling sempurna dipanggang dan dihaluskan. Tambahkan rosemary, lada hitam, mentega, jintan dan pala untuk memperkaya rasa.

             ·         Labu Pai

Bentuknya bulat, berkulit halus berwarna oranye terang. Dagingnya kering dan tawar. Labu ini lebih seringdigunakan untuk dekorasi dan diukir. Hanya cocok untuk campuran cake, pai, muffin atau quiche.

             ·         Kuri Merah

Berukuran kecil warna kulitnya merah oranye, sedangkan dagingnya berwarna oranye terang rasanya manis gurih dan sedikit pedas (mirip rasa kacang merah). Baik untuk sup atau sajian panggang.



  Untuk gambar silahkan searching sendiri di google image, terimakasih.

Dikutip dari Tabloid Nyata Edisi III Mei 2020

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar