Rabu, 21 Oktober 2020

Kulit pun Masih Berguna

 Jangan buang kulit buah dan sayur, karena masih banyak manfaatnya.

·         Semangka

Olah kulit semangka bagian putih menjadi manisan, acar hingga tumisan. Bisa juga diiris tipis dan vaccum fryer menjadi keripik  kulit semangka yang renyah. Gunakan bagian kulit yang berwarna hijau untuk cetakan puding atau wadah salad buah.

·         Apel

Campurkan cuka dengan kulit apel, aduk rata, peram semalaman untuk menghasilkan cuka salad yang segar dan kaya rasa. Saring, simpan dalam botol kaca steril. Cuka ini bisa ditambahkan juga dalam pembuatan minuman cocktail.

Cara lain, cuci kulit apel, campur dengan air dan gula pasir. Rebus hingga kental menjadi selai. Setelah dingin, masukkan dalam wadah bersih.

 ·         Jeruk Manis

Parut kulit jeruk untuk campuran saus, cake, kue hingga permen. Letakkan kulit jeruk dalam toples berisi gula palem untuk mencegah penggumpalan. Tambahkan kulit jeruk parut dalam adonan wafel, pancake hingga roti untuk menambah aroma segar.

Kulit jeruk juga bisa diolah menjadi manisan kering dan manisan basah. Campurkan kulit jeruk saat membuat kuah sup atau saus pancake. Parut kulit jeruk, panggang sebentar, gunakan untuk taburan popcorn atau pretzel.

 ·         Bawang Merah

Manfaatkan untuk memberi warna merah atau cokelat alami. Tambahkan kulit bawang merah saat merebus telur atau membuat telur pindang. Atau saat merebus daging untuk sup,serta saat membuat kaldu.

 ·         Kentang

Jangan biarkan kulit kentang terbuang sia – sia olah menjadi camilan renyah. Goreng cepat dlam minyak panas hingga kering, tiriskan. Taburi garam untuk memperkaya rasa. Selain digoreng, anda bisa memanggangnya dalam oven hingga kering. Bumbui dengan sedikit minya zaitun, garam dan bumbu rempah.

 ·         Pisang

Kulit pisang matang terutama pisang ambon atau cavendish rasanya manis, teksturnya lembut dan berdaging tebal. Campurkan kulit pisang dalam smooties. Haluskan kulit pisang, campurkan dalam whipped cream dan cokelat panas.

 ·         Tomat

Setelah diambil dagingnya untuk krim sup atau jus, manfaatkan kulitnya untuk bumbu tabur aneka camilan. Panggang kulit tomat hingga kering, tumbuk kasar. Campur dengan garam berbumbu, taburkan pada kentang goreng, tempura sayur, popcorn atau kacang pangggang.

 ·         Mangga

Siram kulit mangga dengan air dingin, tiriskan. Campur dengan air dan gula pasir secukupnya, rebus hingga mendidih, kental dan menjadi sirup. Angkat, saring, biarkan dingin. Tambahkan zitrun zuur untuk membuat sirup kulit mangga tahan lama.

 

 

Dikutip dari Tabloid Nyata Edisi III Mei 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar